Sabtu, 28 Juli 2012

Dim Sum makanan pengantar minum teh

Dim Sum makanan pengantar minum teh

Dim Sum awalnya merupakan makanan khas Kanton sebuah propinsi di Cina, Dulu hanya disajikan bagi pedagang di jalur Sutra yang sedang beristirahat dikedai sambil minum teh atau dikenal dengan Yum Cha.

Dim Sum dan sebagian besar masakan Cina menggunakan minyak wijen dalam proses pembuatannya, Minyak wijen dibuat dari biji wijen. Memiliki citarasa yang kuat minyak wijen kaya akan kandungan lemak Omega3 dan Omega 6.

Selain itu proses pembuatan Dim Sum juga banyak menggunakan saus dan penyedap rasa seperti kecap asin, Untuk mengatasi tingginya lemak dan kandungan garam pilihlah Dim Sum yang menggunakan sayuran sebagai bahan isian jangan Seafood atau daging.

Dim Sum

Selain ayam, udang juga merupakan bahan utama yang sering digunakan, Bahan - bahan lainnya yang bisa dipilih antara lain :
1. Bok Choy
Sayuran yang termasuk keluarga sawi memiliki batang berwarna putih dan daun berwarna hijau tua, Mengandung nutrisi penting seperti Karoten, Vitamin C dan Potasium
2. Choy Sum
Di Indonesia lebih dikenal dengan Caisim, Termasuk keluarga sawi juga dengan batang yang lebih tipis, Berdaun lebar dan dan memiliki bunga berwarna kuning cerah. Batang, daun dan bunganya mengandung Vitamin A, B, C, D, E, K, Kalsium dan serat.
3. Kailan
Juga dikenal dengan Chinese broccoli bentuknya mirip Choy Sum hanya saja batang dan daunnya lebih tebal, Memiliki citarasa agak sedikit pahit, Dan mengandung Kalsium dan vitamin.
4. Water Chesnut
Merupakan umbi tanaman air mirip seperti Bengkuang, dengan daging berwarna putih bersih, rasanya manis dan renyah. Kandungan nutrisinya antara lain karbohidrat, Vitamin B2 dan B6, Potasium, Mangan dan serat.
5.Jamur
Biasanya digunakan sebagai pengganti ayam untuk isian Dim Sum, Mengandung banyak protein, Vitamin B, Serat dan Selenium yang tinggi.

Dim Sum makanan pengantar minum teh

Dan Teh pasangan paling tepat untuk Dim Sum
mengingat tingginya lemak dan kandungan garam pada Dim Sum, Terlebih yang menggunakan daging dan udang sebagai bahan utamanya. Minum teh bisa untuk melancarkan sistem pencernaan dan menghancurkan lemak, Ini menjadikan teh pasangan paling tepat untuk Dim Sum.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar